Home »»Laptop seharga $ 10 ( Rp 100.000 ) RAM sebesar 2 gb

Laptop seharga $ 10 ( Rp 100.000 ) RAM sebesar 2 gb

Posted on 10:18 PM by Damar Yosa Aji

Laptop seharga Rs500 akan ditampilkan untuk publik pada tanggal 3 Februari 2009 di kota Triupati, India . Laptop tersebut akan mempunyai RAM sebesar 2 gb ! wah…keren. Proyek ini adalah bagian dari National Mission on Education ( Missi Pendidikan Nasional ) melalui kemitraan dengan badan Informasi dan Teknologi Komunikasi India).
Laporan tentang proyek laptop seharga $ 10 pertama kali dimuat oleh harian besar di India, Times of India tiga tahun lalu, sebagai jawaban atas proyek laptop $ 100 yang diprakarsai oleh professor MIT, Nicholas Negroponte yang coba memasarkannya di India. Laptop seharga $ 10 ( Rp 100.000 ) tersebut merupakan hasil rancangan mahasiswa Vellore Institute of Technology dan beberapa ilmuwan dari Indian Institute of Science, di Bangalore, juga melibatkan IIT-Madras dan pihak Semiconductor Complex. Saat ini harga laptop ini masih mencapai $ 20 atau sekitar Rp 200.000, namun jika dipasarkan secara massal, harganya akan turun, demikian menurut Agarwal bagian public relation (humas) dari Dirjen Pendidikan Tinggi , India.

Berbeda dengan teknologi yang diusung laptop $ 100 dollar, alasan utama pihak kementerian pendidikan India menantang proyek, $ 100 dollar - One Laptop Per Child (OLPC) oleh Prof.Negroponte adalah, banyaknya hidden cost yang membuat laptop tersebut dipasarkan menjadi seharga $ 200.

Pada pameran itu , juga akan di demonstrasikan proyek e-class rom (ruangan kelas elektronik) , perpustakaan virtual dan sebuah portal pendidikan, Sakshat yang diluncurkan 2 tahun yang lalu. Menurut beberapa sumber pihak Departemen Pendidikan India juga telah mempunyai kesepakatan dengan beberapa penerbit buku seperti, Macmillan, Tata McGraw Hill, Prentice-Hall and Vikas Publishing, yang akan bekerjasama untuk meng-upload textbook mereka kedalam perpustakaan virtual (perpustakaan online) di dalam website Sakshat tersebut, dan lima persen diantara-nya dapat diakses dengan gratis. (Times of India)

page Number