Home »»Percepat Koneksi Internet (Not for WiFi or Dial Up)

Percepat Koneksi Internet (Not for WiFi or Dial Up)

Posted on 4:54 PM by Damar Yosa Aji

 Hari suatu hari saya sedang membuat tugas di kos-kosan teman saya. Untuk membuat tugas itu, saya memerlukan koneksi internet untuk mencari referensi-referensi yang dibutuhkan. Untungnya, teman saya itu sudah memasang koneksi internet di kos-nya. Dia bersama 7 orang temannya, berlangganan secara korporat, sehingga koneksi internet yang ada di-share ke 8 komputer. Hal ini tentunya akan berdampak buruk apabila dari 8 orang tersebut banyak yang online. Koneksi internet yang ada akan melambat.

Pada siang itu, saya segera browsing internet untuk mencari referensi-referensi yang dibutuhkan. Dan ternyata koneksinya lambat sekali. Sangat menjengkelkan. Kemudian terpikir untuk menggunakan NetCut (sudah saya jelaskan di posting sebelumnya, Percepat Koneksi Hotspot Anda [But Sacrifice Others] ). Ternyata setelah di-NetCut, tidak terjadi efek yang signifikan. Koneksi hanya bertambah cepat sedikit sekali. Hal ini mungkin saja terjadi karena pengguna internet lain yang ada di kos teman saya tersebut sudah tau cara menanggulangi NetCut (tidak saya sebutkan :p wkwkwkwk… kalau mau caranya, silakan googling sendiri). Dari hal inilah, kemudian saya terpikir suatu trik lain untuk ‘iseng’ mempercepat koneksi internet teman saya tersebut. Sebelum saya jelaskan caranya, saya ingatkan bahwa trik ini tidak berlaku untuk koneksi internet dial up (misal: IM2, Telkomflash, dsb) ataupun hotspot. Trik ini hanya akan bekerja pada koneksi internet broadband seperti speedy dan sejenisnya. Mengapa? Karena trik ini hanya akan bekerja pada static IP address. Sekarang langsung saja saya jelaskan langkah-langkahnya.




  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah scanning IP address mana saja yang sedang aktif. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan software yang bertebaran di internet. Dalam kasus saya, saya menggunakan NetCut. Setelah diketahui IP address mana saja yang aktif, sekarang kita sudah mendapatkan target. Ingat-ingat saja IP address mana saja yang tadi sedang aktif.


  • Jika Anda menggunakan Vista:


    • Buka Control Panel, pilih Network and Internet, pilih Network and Sharing Center, pilih Manage Network Connections, pilih Local Area Connection yang digunakan untuk mengakses internet. Klik kanan, properties. Akan muncul jendela seperti berikut. Klik TCP/IPv4, klik Propterties.
    LAN Properties


  • Jika Anda menggunakan XP.


    • Klik Start. Pilih Connect to. Klik Show All Connections. Pilih Local Area Connection yang digunakan untuk koneksi internet Anda. Klik Properties. Akan kluar jendela seperti di atas. Bedanya dengan vista, hanya ada 1 (TCP/IP). Tidak seperti di vista yang ada dua macam, TCP/IPv6 dan TCP/IPv4. Di XP hanya ada 1. Klik TCP/IP tersebut, klik Properties.


  • Akan muncul jendela seperti ini. Klik Advanced.
LAN Properties 2
  • Muncul Jendela berikut ini.
LAN Properties 3
  • Klik Add. Akan muncul jendela ini.
LAN Properties 4


  • Pada bagian IP address, isikan IP yang menjadi target kita. Misalnya, 192.168.0.5. Pada bagian Subnet mask, isikan angka yang sama seperti yang terdapat pada jendela sebelumnya. Klik OK terus sampai kembali ke jendela yang menampilkan semua koneksi yang ada, seperti berikut ini (isi jumlah dan jenis koneksi dapat berbeda tergantung pada koneksi apa saja dan jumlah koneksi yang Anda gunakan).
LAN


  • Close jendela tersebut. Kini koneksi internet Anda akan bertambah cepat. Sedangkan komputer lain yang ada di Network Anda akan mengalami crash IP address. Akibatnya tidak bisa melakukan koneksi internet sama sekali.
UNTUK MENGEMBALIKAN KEADAAN SEPERTI SEMULA
Untuk mengembalikan keadaan seperti semula, tidaklah sulit. Caranya tinggal me-remove IP adress yang tadi Anda isikan. Kemudian klik OK terus.
—————————————————————————————————–
Untuk beberapa orang yang menjadi korban di kos-kosan teman saya, mohon maaf atas hal tersebut. Hal ini terpaksa dilakukan karena deadline tugas tersebut adalah keesokan harinya. Sedangkan untuk melakukan koneksi dial updi kos-kosan tersebut, sangatlah menyusahkan, karena tidak terjangkau sinyal HSDPA. Satu-satunya koneksi internet yang ada hanya milik teman saya tersebut. ^.^V Peace…. Kalau nggak terburu-buru, nggak akan gitu lagi koq.
Buat yang baca posting ini, kalau nggak terpaksa, janganlah berbuat demikian. Hehe… Kalau temen2 Anda pada marah, tanggung sendiri. Atau kalau Anda praktekin di warnet, tanggung sendiri kalau ada ribut2.
Postingan ini adalah for educational purpose only! Kalau Anda menyalahgunakannya, tanggung jawab sepenuhnya berada di tangan Anda. Pengetahuan itu dapat bermanfaat dan dapat merugikan, tergantung yang menggunakannya.
SELAMAT MENCOBA.

Kritik komentar dan saran kalian sangat ditunggu bro, Bagi yang lebih mengetahui bisa share, ok..

page Number