Home »»Browsing lebih cepat dengan 'Firefox 4 beta 1'

Browsing lebih cepat dengan 'Firefox 4 beta 1'

Posted on 1:21 PM by Damar Yosa Aji

Setelah dinanti2 kemunculan Firefox 4 oleh para penggemar browser terbaik ini, akhirnya rilis juga Firefox 4 beta 1. Walaupun masih dalam tahap beta, namun rilis baru Firefox 4 ini patut dicoba karena Firefox 4 beta 1 hadir dengan tampilan yang serba baru.

Mozilla mengklaim Firefox 4 beta 1 yang berjalan dengan web platform gecko 2.0 ini, jauh lebih baik ketimbang Firefox 3.6. Yang paling menonjol dari perubahan ini adalah terletak pada tampilannya. Sekilas tampilan Firefox 4 beta 1 ini mirip dengan Google Chrome, namun jika dilihat dari menu2nya sangat mirip sekali dengan Opera 10.60 yang baru aja keluar. Jadi bisa dikatakan Firefox 4 beta 1 ini adalh gabungan dari Google Chrome dan juga Opera.


Firefox nampaknya ingin bersaing ketat dengan Google Chrome dengan membuat sebuah browser sesimpel mungkin, yang saat ini browser simpel masih dipegang oleh Google Chrome.

Firefox 4 beta 1 memiliki menu tab yang transparan dan menyerupai tampilan tab pada Google Chrome. Sementara untuk tombol menu2nya, sekilas malah lebih mirip dengan Opera 10.60. Dengan tampilan penggabungan ini, Firefox 4 beta 1 terkesan lebih simpel dan lega, tidak sepadat Firefox 3.6.

Hal baru yang mungkin membuat pengguna sedikit bingung adalah tampilan menunya yang kini berpindah tempat. Pengguna tak lagi menemukan barisan menu yang ada di sisi atas. Sebagai gantinya, Firefox 4 beta 1 hadir dengan satu menu berwarna orange bertuliskan Firefox. Saat di klik, dibawahnya muncul menu seperti : news windows, options, hystory, de el el.










Firefox 4 beta 1 pun memiliki kolom bookmark baru yang terletak di sisi kanan kolom search. Menu ini memberi kemudahan kepada pengguna saat ingin melakukan bookmark dengan satu kali klik saja.

Firefox 4 beta 1 juga memiliki add-on manager yang terintegerasi dengan browser. Saat pengguna mengklik add-on, tampilan langsung diarahkan ke tab browser baru. Nah, ini yang membuat kita sedikit asing, atau dalam artian " kayaknya pernah menjumpai add-on yang seperti ini?" Benar sekali, Firefox 4 beta 1 ini kembali meniru model extensions serupa milik Google Chrome.Wah2 emang bener2 mau menjiplak neh, hehe...

Sedangkan jika dilihat dari segi kecepatannya, karena Firefox 4 beta 1 ini diklaim lebih ringan daripada Firefox 3.6 maka kecepatan aksesnya pun juga lebih cepat donk. Dari sisi kecepatan rendering javascript, Firefox 4 beta 1 hanya mencapai nilai 97/100 saat dites dengan Acid3. Yah, sedikit lebih baik lah ketimbang versi 3.6 yang nilainya hanya 94/100.

Berdasarkan tes benchmark oleh techiebuzz, Google Chrome 6.0.4531 masih memiliki performa paling cepat dengan nilai 4737. Posisi kedua disusul oleh Opera 10.60 dengan nilai 3959. Sementara Firefox 4 beta 1 sendiri berada di posisi tiga dengan nilai 2684. Sedangkan browser milik raksasa software Microsoft, Internet Explorer 8.0 hanya mendapat nilai 436, waduh, browser terlaris di dunia ini ternyata malah memiliki performa yang paling kecil yah...

Nah, itulah sekilas tentang Firefox 4 beta 1, jadi kalian bisa ambil kesimpulan sendiri. Dan yang penting sekarang adalah mencoba dulu Firefox 4 beta 1, betul??

Download Firefox 4 beta 1

page Number